Laman

26 Nov 2010

CN Blue,, Band Yang Langsung Melesat


MENYEBUT grup musik Korea, pasti terbayang kumpulan cowok atau cewek berwajah ganteng dan cantik, berkostum meriah, menyanyi sambil menari di atas panggung tanpa memainkan alat musik. Ya, boy band dan girl band menguasai industri musik Korea. Tapi kehadiran grup C.N.Blue yang resmi memulai debut akhir 2009 lalu memberi nuansa lain, juga menjadi gebrakan di industri musik K-pop. Di tengah dominasi grup boy band dan girl band idola remaja, C.N.Blue membawa pesona baru dalam formasi band dengan lagu-lagu rock, di bawah label indie pula.

Mari berkenalan dengan grup band yang namanya merupakan kependekan dari Code Nam Blue. Band ini digawangi empat personel remaja berusia 17-21 tahun: Jung Yong Hwa (vokal dan gitar), Lee Jong Hyun (vokal dan gitar), Kwon Kwang Jin (bas), dan Kang Min Hyuk (drum), dan satu manajemen dengan grup F.T. Island, C&F Music. Karena ini pula, C.N.Blue sering kali disebut F.T Island kedua.

Tapi bukan karena jenis lagu dan gaya mereka mirip lho! Jika mendengar lagu-lagu C.N.Blue tanpa tahu siapa penyanyinya, Anda mungkin terkecoh dan mengira grup ini bukan dari Korea. Lirik lagu mereka kebanyakan berbahasa Inggris, dan layaknya musik band, lagunya kental instrumen gitar yang identik dengan musik rock. Lagu-lagu mereka tidak murni K-pop, malah lebih mirip musik J-rock. Maklum, C.N.Blue sedikit banyak terpengaruh musik Jepang. Berhubung di Korea sepi grup band, C.N.Blue memilih menyelami dan mempelajari musik indie Jepang.

Selain mengusung konsep dan musik yang berbeda dengan grup idola Korea kebanyakan, jalan yang ditempuh untuk mendirikan C.N.Blue juga berbeda. Tidak lewat pelatihan dalam sebuah manajemen artis. Sebelum debut, Jung Yong Hwa cs berkelana di Jepang selama dua tahun. Mulai Juni 2009, mereka memberanikan menggelar berbagai pertunjukan jalanan dan beberapa di kelab malam, sambil mengembangkan kemampuan musik dan aksi panggung. Dan ini sama sekali bukan cara yang mudah.

Meski banyak artis menyatakan masa pelatihan di manajemen adalah masa paling berat, hidup di Jepang dengan bekal bahasa Jepang nol bukan jalan yang mulus bagi para personel C.N.Blue. Apalagi mereka juga harus berjuang sendiri demi menarik perhatian orang.

“Ada kejadian di mana sama sekali tak ada orang yang menonton penampilan kami. Mereka bahkan tidak melirik kami dan hanya lewat,” aku mereka. “Tapi perlahan-lahan penampilan kami mulai menarik perhatian penonton satu per satu.” Sembari menyelami manis pahitnya kehidupan grup musik indie, keempat personel C.N.Blue yang tiga tahun hidup bersama memupuk kekompakan. Mereka bahkan punya julukan untuk masing-masing personel: Jung Yong Hwa si Bangsawan muda, Kang Min Hyuk si Pelajar baik, Lee Jong Hyun si Pemuda Busan yang sering tersasar, dan Jung Shin si Jangkung.

Album mini pertama mereka, Now or Never, rilis Agustus disusul album mini kedua, Voice, pada November tahun lalu. Keduanya dirilis di Jepang dan melahirkan lagu-lagu hit seperti “Let’s Go Crazy”, “Never Too Late”, “Tearsdrop in the Rain”, “Just Please”, dan “Love Revolution”.

Berbekal pengalaman di Jepang, kekompakan yang makin solid, dan lagu-lagu yang matang, C.N.Blue pede memulai debut di Korea awal tahun ini. Pada 14 Januari lalu, album mini pertama di Korea, Blouetory, dirilis. Selain kembali memuat tiga lagu lama dari album Jepang, ada dua lagu baru, “I’m a Loner” dan “I Will… Forget You.” Dalam waktu dua minggu, singel jagoan, “I’ma Loner” mendarat mulus di puncak berbagai tangga lagu.

Popularitas C.N.Blue melesat cepat segera setelah penampilan perdana mereka di Music Bank. Aksi panggung C.N.Blue dengan alat musik dan lagu-lagu yang maskulin menyulut histeria para penonton wanita. Sang vokalis, Jung Yong Hwa, makin diburu wanita setelah main di serial You’re Beautiful bareng Jang Geun Seok, Lee Hong Ki, dan Park Shin Hye. Laman resmi C.N.Blue langsung dipenuhi sekitar lima ribu pendaftar. Dan dengan dua penampilan berikutnya di Music Core dan Music Inkigayo, jumlah fans resmi C.N.Blue bertambah mencapai 13 ribu orang!

C.N.Blue kini boleh pede dengan predikat grup band indie paling berjaya dan penampilannya paling ditunggu-tunggu di setiap acara musik. Mumpung histerianya masih panas, C.N.Blue segera kembali ke Jepang dengan merilis album full pertama, Thanku, yang rencananya dilempar ke pasar 20 Maret mendatang. Dengan pencapaian gemilang ini, C.N. Blue digadang-gadang sebagai 2010 Best Rookie!

source Tabloid Bintang

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto saya
Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
Aku bukan lah siapa" bagi semua,,, Karna itu aku selalu mencoba menjadi yang terbaik untuk nya.... Kesempurnaan emank bukan milik ku, tapi aku akan berusaha untuk menjadi yang terindah di mata nya.... Sincerelly Chelmi