Laman

16 Des 2010

Cloud Computing dan Manfaatnya dalam Manajemen dan Bisnis

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b5/Cloud_computing.svg/300px-Cloud_computing.svg.png

Diagram konsepsual dari Komputasi awan

1. Definisi Cloud Computing

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan').

Cloud computing merupakan teknologi yang menggunakan internet dan remote server pusat untuk menjaga data dan aplikasi. Cloud computing memungkinkan konsumen dan bisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan akses file pribadi mereka di setiap komputer dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan memusatkan penyimpanan, memori, pengolahan dan bandwidth.

Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu moda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa pengetahuan tentangnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Sebuah contoh sederhana dari komputasi awan email Yahoo atau Gmail dll Anda tidak membutuhkan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya akan membutuhkankoneksi internet dan Anda dapat mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak manajemen email adalah semua di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh operator selular awan Yahoo, Google dll konsumen bisa menggunakan perangkat lunak sendirian dan menikmati manfaat, The. Analogi adalah 'Jika Anda hanya perlu susu, Anda akan membeli sapi? 'Semua pengguna atau konsumen butuhkan adalah untuk mendapatkan manfaat menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras dari komputer seperti mengirim email dll Hanya untuk mendapatkan manfaat (susu) mengapa harus konsumen membeli (a ) software / hardware?

2. Sistem Kerja Cloud Computing

Cloud Computing: Evolusi Terbaru Dari Hosting

awan-komputasi-diagram-the-terbaru-evolusi-of-hosting


Bagaimana cara kerja cloud computing? Server awan dan sistem penyimpanan data terletak di tempat yang nyata tetapi lebih virtual karena dapat diakses dari komputer manapun, waktu di mana saja, setiap. Pusat-pusat data dapat menyimpan informasi yang dibutuhkan, apakah itu video, audio, file, atau gambar. Ini sering dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan layanan konsumen rata-rata dengan membiarkan informasi ini pada sistem mereka dan menyimpan update bisnis konstan dan kemampuan untuk menjalankan program sangat teknis dengan sedikit usaha.

Terminologi sendiri memiliki banyak orang bingung bertanya pada diri sendiri, bagaimana cara kerja cloud computing? Kenyataannya adalah bahwa orang yang telah menggunakan sistem ini dan tidak menyadarinya. Beberapa sistem paling terkenal adalah email gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail dan Aol. Lain adalah blogging dengan sistem seperti Wordpress dan Blogger. AWeber adalah sumber daya yang besar untuk pemasaran email yang dianggap komputasi awan.

3. Aplikasi Cloud Computing

cloud

Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.

Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.

4. Manfaat Cloud Computing Dalam Bisnis

Terdapat 6 keuntungan/manfaat dari penggunaan Cloud Computing dalam bisnis:

1. Komputasi awan membantu mengurangi biaya. Biaya operasional dikurangi dengan komputasi awan. Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan, biaya secara langsung proporsional dengan kebutuhan Anda. Selain itu, biaya pengaturan sistem kurang.

2. Sangat mudah untuk menginstal teknologi. Cloud computing tidak perlu usaha untuk mendapatkan tambahan perangkat keras atau perangkat lunak. Selain itu, pelaksanaannya dilakukan jarak jauh.

3. Cloud computing adalah penghemat besar-waktu. Bisnis menghemat waktu pada saat set-up, sebagai fungsional komputasi awan menjadi lebih cepat dari sistem lain. Ini juga memastikan pemulihan cepat. Dengan demikian, bisnis tidak kehilangan waktu yang tidak perlu di mana saja.

4. Hal ini sangat otomatis. Dengan komputasi awan, bisnis tidak perlu membentuk tim untuk menangani pembaruan sistem dan back-up. Otomasi adalah salah satu daya tarik terbesar dari teknologi ini.

5. Cloud computing membebaskan sumber daya internal. Otomasi membantu melepaskan sumber daya internal yang penting untuk pekerjaan prioritas tinggi lainnya.

6. Cloud computing membantu bisnis menjadi mobile. Karyawan dapat mengakses informasi terkait dengan pekerjaan dari mana saja.

-//-

DAFTAR PUSTAKA

http://abacuscloudcomputing.com/content/Cloud-Resources/cloud-computing-explained.html

http://www.wikinvest.com/concept/Cloud_Computing

http://chelmi-world.blogspot.com/2010/12/cloud-computing-dan-manfaatnya-dalam.html

http://itinkz.wordpress.com/2010/04/10/contoh-aplikasi-cloud-computing/

http://www.serverschool.com/cloud-computing/business-benefits-of-cloud-computing/

http://id.wikipedia.org

5 komentar:

Nanda mengatakan...

Thanks bnged ya kak,,
uda ngebantu buad tgs kulyh'a...

thanks...

Anonim mengatakan...

Trims bro.

Anonim mengatakan...

Thanks cel..

nyam mengatakan...

trima kasih,

nyam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Me

Foto saya
Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
Aku bukan lah siapa" bagi semua,,, Karna itu aku selalu mencoba menjadi yang terbaik untuk nya.... Kesempurnaan emank bukan milik ku, tapi aku akan berusaha untuk menjadi yang terindah di mata nya.... Sincerelly Chelmi